Mantan Ketua KPK Kritisi Pemilihan Mendikbud dan Menag

0
14
Mantan Ketua KPK Busyro Muqoddas
Mantan Ketua KPK Busyro Muqoddas

Mantan Ketua KPK Busyro Muqoddas memberikan tanggapannya mengenai susunan Kabinet Indonesia Maju masa kepimpinan Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’aruf Amin, 2019-2024. Ia menilai ada beberapa orang yang tidka bekerja sesuai kapasitasnya.

“Malas saya menanggapi kabinet tapi saya mau tetap menyampaikan pada masyarakat, ada beberapa yang tidak sesuai kapasitasnya,” kata Busyro usai menghadiri Dies Natalis ke-61 UMS di Sukoharjo, Kamis (24/10/2019).

Busyro mencontohkan ada beberapa kementerian yang dianggapnya sebagai not right man in right job atau orang tidak tidak tepat dalam pekerjaannya yakni Kementrian Agama (Kemenag) dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Kalau menempatkan Fachrul Razi dari basic TNI karena radikalisme itu tidak tepat, karena urusan Kemenag tidak hanya itu,” jelasnya.

“Apalagi radikalisme terlalu mengerucut pada simbol dan gerakan satu agama tertentu,” tutur dia menegaskan.

Satu lagi mengenai Mendikbud, sebagai kementrian yang akan menentukan sumber daya manusia (SDM) Indonesia, seharusnya dipimpin oleh orang yang memahami dunia pendidikan.

Dia juga mengritisi komposisi kabinet penegakan hukum.

Menurut Ketua KPK tahun 2010-2011 ini, penegakan hukum ke depan sangat ditentukan oleh suprastruktur kekuasaan pemerintah, baik dari istana maupun DPR.

Kehadiran Mahfud MD di posisi Menko Polhukam, menurut Busyro, tetap tidak mudah memberikan dampak besar, karena dibayangi beberapa tokoh yang lebih senior.

“Mahfud MD kita harapkan bisa membenahi, tapi dia tidak bisa berdiri sendiri karena ada orang-orang lain yang punya senioritas dan pengalaman di dalam kultur Orde Baru,” aku dia.

“Semisalnya sejumlah tokoh Orde Baru yang sekarang ini masih direkrut lagi, itu menjadi faktor Menko Polhukam ini bisa leluasa atau tidak,” ujar lelaki yang menggantikan Antasari Azhar di KPK.

Berita Hari IniLiburanTempat WisataHotelLion AirGaruda IndonesiaTips LiburanKemenparKAIFakta UnikMitosFestivalTradisiTravelingDestinasi WisataPenginapanAirAsiaMuseumHarga smartphonePaket dataSpesifikasiMobile LegendsPUBGWhatsAppInstagramFacebookAplikasi mobileSamsungXiaomiOppoVivoRealmeAsusAdvanGopayOvoPinjaman onlineTokopediaShopeeBlibliRobot seksCara downloadCara uploadMark ZuckerbergElon MuskLuna MayaJessica IskandarSyahriniAyu Ting TingNagita SlavinaRaisaVanessa  AngelAura KasihAshantyGading MartenNikita MirzaniAmmar ZoniBaim WongMaia EstiantyTips HIjab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here