Inovasi Polda Metro Jaya: Bayar PNBP SIM Pakay Go-Pay

0
32
Polda Metro Jaya terlengkap di www.kumparan.com
Polda Metro Jaya terlengkap di www.kumparan.com

Polda Metro Jaya menggelar soft lauching terkait metode pembayaran non tunai dalam pembuatan dan perpanjangan Surat Ijin Mengemudi (SIM).

“Metode pembayaran non tunai ini merupakan inovasi dengan menggandeng GoPay sebagai platform uang elektronik yang digunakan masyarakat. Melalui kerjasama dengan GoPay ini, Polda Metro Jaya menjadi yang pertama menerapkan metode pembayaran nontunai untuk transaksi pengumpulan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam bentuk SIM,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf, saat konferensi pers di Satpas Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta Barat, Senin (26/8).

Yusuf mengungkapkan, Polda Metro Jaya akan terus berupaya meningkatkan layanan publik. Salah satunya dengan mengikuti perkembangan teknologi.

“Kami berharap inovasi ini akan membantu menciptakan layanan publik yang cepat, aman, mudah, dan transparan sehingga masyarakat pun bisa semakin percaya dengan kinerja pelayanan publik,” kata Yusuf.

Menurut Yusuf langkah ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan pelayanan, terutama transaksi non tunai, untuk pembayaran PNBP SIM. Ini juga nantinya akan diterapkan di wilayah Polda Metro Jaya lainnya, termasuk layanan SIM keliling dan gerai pelayanan Satpas.

“Pengguna yang ingin melakukan pembayaran PNBP SIM, baik untuk membuat baru maupun memperpanjang, cukup membuka aplikasi Gojek dan memilih menu ‘Bayar’ untuk melakukan scan kode QR, yang tersedia pada loket pembayaran PNBP SIM, masukkan jumlah yang ingin dibayarkan dan melakukan konfirmasi pembayaran,” kata Yusuf saat memaparkan metode pembayaran non tunai tersebut.

Head of Ecosystem Expansion GoPay, Edwin Ariono mengapresiasi Polda Metro Jaya dalam meningkatkan pelayanan publik melalui teknologi pembayaran non tunai.

“Melalui kerja sama ini, kami tidak hanya berupaya memudahkan masyarakat, tapi juga pemerintah dan kepolisian dalam mengumpulkan PNBP sehingga menjadi lebih aman dan transparan,” ujarnya.

Sebelumnya, Gojek dan GoPay telah menjalin kerja sama di tingkat kota dan kabupaten dengan Polres di 9 kota di Indonesia untuk memberikan kemudahan pembayaran perpanjangan SIM.

Kerja sama dengan Polda Metro Jaya kali ini menghasilkan inovasi pertama untuk transaksi pembuatan SIM menggunakan metode pembayaran non tunai.

Berita TerkiniJokowiPolriPolda Metro JayaTNIKebakaranKecelakaan Lalu LintasPembunuhanPemerkosaanPerampokanPenganiayaanBegalPelecehan SeksualKekerasan AnakGempaGanjil GenapAnies BaswedanJakartaTolPilkada Serentak 2020Ridwan KamilEdy RahmayadiGanjar PranowoKhofifah Indar ParawansaGempa BumiWisataPilkadaPilwakotPilkada 2020Pilpres 2024Kabinet Jokowi Jilid IIMunas GolkarAmandemen UUD 1945Pemilu AS 2020BrexitKPKOTT KPKAntam NovambarSetya NovantoCPNSPertaminaDolar ASRupiahLowongan KerjaHarga EmasSusi PudjiastutiSEA Games 2019Liga InggrisLiga ItaliaLiga EuropaLiga ChampionsPSSICristiano RonaldoMohamed SalahLiga 1Timnas IndonesiaMotoGPValentino RossiMarc MarquezPersib Bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here