Polri Duga Unggahan Medsos Jadi Penyebab Kerusuhan di Manokwari

0
114
Kerusuhan di Manokwari terlengkap di www.kumparan.com
Kerusuhan di Manokwari terlengkap di www.kumparan.com

Kerusuhan di Manokwari diduga terjadi karena massa terprovokasi unggahan di media sosial. Hal itu dinyatakan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo.

“Mereka boleh dikatakan cukup terprovokasi dengan konten akun media sosial, terkait peristiwa di Surabaya,” ujarnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (19/8).

Dedi mengatakan situasi di Surabaya sendiri saat ini sudah cukup kondusif. Namun karena unggahan media sosial tersebut akhirnya justru membuat terjadinya kerusuhan di Manokwari.

“Di Surabaya sendiri sudah cukup kondusif. Tapi karena hal tersebut disebarkan akun yang tidak bertanggung jawab, membakar atau mengagitasi mereka yang dianggap narasi tersebut adalah diskriminasi,” tuturnya.

Meski demikian Dedi mengatakan jajatan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri sedang melakukan proviling terkait akun media sosial tersebut.

“Akun tersebut dari jajaran siber Bareskrim langsung melakukan profiling mengecek siapa pemilik akun tersebut,” tuturnya.

Diketahui kerusuhan di Manokwari berujung dengan dibakarnya Kantor DPRD Provinsi Papua Barat. Sejumlah fasilitas juga ikut dibakar dalam gelombang aksi yang digelar merespons situasi di Surabaya.

Salah seorang warga Manokwari, Ishak mengatakan situasi kerusuhan di Manokwari kembali mencekam meskipun sebelumnya sempat mereda. “Kantor DPRD Provinsi Papua Barat dibakar di Jalan Siliwangi,” kata Ishak.

Dia mengatakan aparat kepolisian di sekitar lokasi belum bisa mengendalikan situasi kerusuhan di Manokwari. “Aparat ada, tapi tidak bisa bergerak. Situasi mencekam, tadi sempat sepi tapi kembali mencekam,” ujarnya.

Warga setempat berusaha menghindari provokasi. Sementara sejumlah warga dari luar Papua melindungi diri.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap Joko WidodoMa’ruf AminKPKAgus Harimurti YudhoyonoSusilo Bambang YudhoyonoSBYMegawati SoekarnoputriRidwan KamilAnies BaswedanSusi PudjiastutiGanjar PranowoGibran RakabumingIriana JokowiWirantoPolriLowongan KerjaHarga EmasTimnas IndonesiaHabib RizieqMotoGPValentino RossiMarc MarquezPersib BandungPersija Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here