Kata Pengamat Politik soal Gibran Rakabuming Jadi Wali Kota Solo

0
678
Gibran Rakabuming terlengkap di www.kumparan.com
Gibran Rakabuming terlengkap di www.kumparan.com

Direktur eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari mengatakan kalau Gibran Rakabuming bisa berpeluang mengikuti jejak ayahnya di dunia politik.

Menurutnya, wacana Gibran Rakabuming jadi calon Wali Kota Solo adalah hal yang perlu diwaspadai. Hal itu disampaikan oleh Qodari di acara Apa Kabar Indonesia Pagi Senin (30/7/2019).

Sebelumnya ia mengaku kalau pihaknya belum membaca hasil survei terkait nama Gibran Rakabuming yang diwacanakan jadi calon wali kota Solo. Namun menurutnya, ia tertarik untuk membuat survei serupa.

“Kalau bicara survei saya belum pernah baca survei ini dan belum pernah baca dari Selamet Riyadi lainnya, saya juga belum melakukan survei dan mungkin setelah ini akan melakukan survei,” katanya dilansir dari Youtube Talk Show tvOne Selasa (30/7/2019).

Sebagai pengamat politik, Muhammad Qodari melihat mulai ada respon berbeda dari Gibran Rakabuming dari sebelumnya.

“Tadinya saya punya persepsi bahwa Gibran maupun Kaesang itu akan tetap di dunia bisnis dan tidak akan masuk ke dunia politik, saya pernah mendengar Pak Jokowi mengatakan dari anak-anaknya ini kalau Gibran dan Kaesang itu kayanya nggak ke politik, yang ada itu justru Bobby yang juga sekarang diwacanakan jadi cawalkot di Medan karena menantunya ini berasal dari Sumut,” jelasnya.

Kemudian ia juga mendengar reaksi Gibran Rakabuming saat diwawancarai wartawan yang meminta diberi tahu jika ada pendaftaran calon wali kota Solo.

Bahkan menurut Muhammad Qodari, jika Gibran Rakabuming mencalonkan jadi wali kota Solo dan berhasil, ia akan jadi calon kuat Gubernur Jawa Tengah.

“Pilkada Solo ini 2020, kalau lihat track record bapaknya bukan mustahil seorang Gibran kalau berhasil menjadi wali kota Solo, kalau terpilih ya, kalau jadi wali kota Solo maka dia akan menjadi calon kuat gubernur Jawa Tengah,” ungkapnya.

Menurutnya, Pilkada Jawa Tengah itu jika berdasarkan jadwal yakni tahun 2024, walaupun secara jabatan akan ada pemilihan lagi tahun 2023. Apalagi dirinya sebagai pengamat politik meyakini kalau pemilihan kepala daerah 2024 akan dimajukan.

“Dugaan saya pilpres pilkada akan dipisahkan, pilkada serentak akan dimajukan, bayangkan kalau dia (Gibran Rakabuming) sukses jadi wali kota Solo, dia akan jadi calon kuat Gubernur Jawa Tengah berikutnya, kalau Gibran sukses lagi jadi gubernur Jawa Tengah, calon presiden 2024, bukan mustahil,” bebernya.

“Makanya serius banget ini barang (isu Gibran Rakabuming jadi calon wali kota Solo),” tambahnya.

Ia pun menyebut kalau isu kecil itu akan jadi besar jika memang disambut baik oleh Gibran Rakabuming. “Kalau Gibran masuk jadi calon wali kota Solo, ini barang kecil bisa jadi barang besar,” tandasnya.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap Joko WidodoMa’ruf AminKPKAgus Harimurti YudhoyonoSusilo Bambang YudhoyonoSBYMegawati SoekarnoputriRidwan KamilAnies BaswedanSusi PudjiastutiGanjar PranowoGibran RakabumingIriana JokowiWirantoPolriLowongan KerjaHarga EmasTimnas IndonesiaHabib RizieqMotoGPValentino RossiMarc MarquezPersib BandungPersija Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here