Debat Capres: Polda Metro Sarankan Pendukung Tidak ke Lokasi

0
140
debat capres
berita debat capres terkini hanya di kumparan.com

Debat Capres 2019 sesi pertama akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Rencananya, debat pertama dari dua pasangan capres cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu dimulai pukul 19:00 WIB.

Pada Debat Capres malam ini, akan ada empat tema yang jadi pembahasan, yaitu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Persiapan pun sudah dilakukan di lokasi. Begitu juga dengan pihak kepolisian yang siap memberikan keamanan selama debat berlangsung.

Agar Debat Capres nanti berjalan lancar, Polda Metro Jaya pun siap melakukan pengalihan arus lalu lintas. Skenario itu akan dilakukan jika terjadi kemacetan parah. Salah satunya adalah mengalihkan arus lalu lintas ke tol dalam kota dari arah Semanggi menuju Cawang.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusuf juga mengimbau agar para pendukung dari kedua paslon tidak mendatangi lokasi. Ia lebih menyarankan agar para pendukung menggelar nonton bareng di posko kemenangan.

“Untuk menghindari gesekan antar pendukung pasangan calon,” ujar Yusuf, dilansir Antara.

KPU sendiri memang hanya mengizinkan masing-masing paslon untuk membawa 100 undangan ke dalam lokasi. Total, kursi yang disediakan untuk pendukung dari kedua kubu adalah 200. Tiga ratus kursi lainnya diberikan khusus untuk tamu undangan dari KPU.

Demi keamanan, Yusuf mengatakan KPU akan melengkapi tamu dengan name tag, kartu undangan, dan gelang barcode untuk masuk ke lokasi. Karenanya, jika para pendukung yang tak mendapat undangan diharapkan tidak datang ke lokasi karena tak akan diizinkan masuk.

Polda Metro sendiri mengerahkan 820 personel untuk mengatur lalu lintas di sekitar lokasi. Pihak pengelola Hotel Bidakara juga telah menyiapkan lahan parkir untuk tamu undangan dengan daya tampung sekitar 1.100 kendaraan.

Nantinya, debat akan dipimpin dua moderator, yakni Ira Koesno dan Imam Priyono. Disiapkan kursi berwarna putih untuk kedua paslon yang diposisikan agar menyamping, menghadap ke kursi moderator.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap seputar news, bola/sports.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here