Berapa Lamakah Waktu Ideal Bayi Untuk Menyusu?

0
300
bayi
bayi terlengkap di kumparan.com

Sebagian ibu baru mengaku cemas melihat bayi yang menyusu hanya sebentar. Padahal, biasanya mereka mau menyusu lama hingga ketiduran. Sebenarnya, ada enggak sih waktu ideal bayi menyusu?

Menurut Kathy Kuhn, seorang pakar laktasi bahwa tidak ada batasan waktu bayi menyusu. Jadi, jangan melepaskan bayi Bunda dari payudara dan biarkan ia menyelesaikannya sesuai keinginannya.

“Bunda akan mengetahuinya bahwa ia sudah cukup ketika bayi melepaskan diri atau berhenti mengisap lebih dari beberapa menit. Tidak ada jumlah waktu tertentu yang harus dihabiskannya untuk setiap payudara. Jika si kecil ingin meneruskannya pada payudara lainnya, itu tidak masalah,”kata Kuhn dikutip dari Today.

Membiarkan bayi menyusu hingga puas sangat penting untuk agar kemampuan mereka mendapat cukup ASI bertambah. Untuk itu, jangan membatasi waktu tertentu saat bayi menyusu atau mengeluarkan mulutnya dari payudara Bunda setelah waktu tertentu. Sebab, hal tersebut malah dapat menghalangi kemampuannya mendapatkan ASI yang cukup, sambung Kuhn.

Melansir Very Well Family, tahapan setiap anak dalam menyusu tentu berbeda-beda. Sehingga, waktu mereka ketika menyusu pun tidaklah sama.

Bayi yang baru lahir misalnya, akan menyusu setiap 2-3 jam sekali dan akan menyusu selama 10 -15 menit di setiap sisi payudara. Jadi, rata-rata mereka menyusu hampir 20-30 menit per sesi menyusui, untuk memastikan bayi mendapatkan cukup ASI.

Kemudian pada usia 3-4 bulan biasanya waktu menyusu secara bertahap menjadi lebih pendek dan waktu antara menyusu menjadi sedikit lebih lama. Di tahapan usia ini, si buah hati hanya butuh sekira 5-10 menit untuk mengosongkan payudara dan mendapatkan semua ASI yang dibutuhkannya.

Di usia 6-9 bulan seiring dimulainya makanan padat dan minum dari cangkir, anak akan menyusu dengan cepat kemudian pergi bermain. Mereka akan menghabiskan lebih banyak waktu menyusu saat tidur di malam hari.

Sedangkan saat balita, biasanya mereka hanya akan menyusu sesekali dan dalam waktu yang cepat. Namun, mereka biasanya akan menghabiskan lebih banyak waktu di payudara ketika mereka mencari keamanan atau kenyamanan terutama setelah sakit atau saat cedera.

Nah, sudah tahu kan, Bun, panduan waktu selama menyusu? Semoga membantu dan tetap semangat mengASIhi, Bun!

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap  JokowiPrabowo Subiant, Sandiaga Uno, Ma’ruf Amin, Pilpres 2019, harga emas, lowongan kerja, tiket pesawat, Bawaslu, Ratna Sarumpaet, SBY, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, KPK, Jusuf Kalla, Wiranto, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, Kemenlu, Kemenhub, Luhut Panjaitan , Susi Pudjiastuti, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Ayu Ting Ting, Luna Maya, Syahrini, Berita IndonesiaAnakBayiIHSGResep MasakanReview MakananKemenkeuSri MulyaniKemenhubKominfoCPNSPertaminaDolar ASTiket PesawatOJKPNSRupiahIbu HamilASIMPASISusu FormulaLiga SpanyolMahfud MDKivlan ZenWuling

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here