Tips Pertolongan Pertama pada Bayi yang Demam

0
21
bayi
info bayi terlengkap di kumparan.com

Demam pada bayi bisa menyerang pada usia berapa saja. Demam bukanlah suatu penyakit, tapi tanda sistem pertahanan tubuh sedang aktif bekerja melawan infeksi seperti virus maupun bakteri.

Orangtua dapat memberikan pertolongan pertama pada bayi yang sedang demam dengan cara seperti berikut.

1. Kompres dengan air hangat

Mengompres si kecil dengan air hangat di bagian tubuh yang memiliki pembuluh-pembuluh darah besar seperti di leher, ketiak, dan lipatan paha juga dibagian yang terbuka seperti di dahi dan perut.

Kompres air hangat berfungsi untuk membuat pori-pori terbuka sehingga mudah mengeluarkan panas dari tubuh. Hindari mengompres dengan air dingin atau air es karena mengakibatkan pembuluh darah tepi mengecil dan menghalangi keluarnya panas dari tubuh.

2. Mandi dengan air hangat

Jika mandi gunakanlah air hangat. Selain membuat tubuh segar juga sangat baik untuk menghilangkan bakteri pada kulit. Setelah mandi segera berpakaian agar anak tidak kedinginan.

Gunakan pakaian tipis dan juga longgar. Pilih bahan yang menyerap keringat agar anak nyaman dan tidak kegerahan.

4. Banyak istirahat

Pastikan buah hati banyak istirahat agar tubuhnya memiliki daya tahan yang cukup untuk melawan infeksi.

Agar anak tidak mengalami dehidrasi, berikan cairan yang cukup untuk si kecil. Susui sesering mungkin sehingga kebutuhan cairan tubuhnya tercukupi.

6. Berikan obat demam bila suhu di atas 38°C

Pengobatan demam yaitu dengan memberikan obat penurun panas untuk bayi tentu saja harus sesuai dosis dokter. Berikan obat penurun panas bila suhu tubuh sudah mencapai 38°C atau lebih. Untuk anak dengan riwayat kejang, lebih baik secepatnya diberi obat penurun panas dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Nah itulah beberapa tips pertolongan pertama untuk menurunkan panas, jadi gak usah panik ya kalau si kecil demam.

Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk dapatkan berita terkini dan terlengkap  JokowiPrabowo Subiant, Sandiaga Uno, Ma’ruf Amin, Pilpres 2019, harga emas, lowongan kerja, tiket pesawat, Bawaslu, Ratna Sarumpaet, SBY, Anies Baswedan, Ridwan Kamil, KPK, Jusuf Kalla, Wiranto, Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, Kemenlu, Kemenhub, Luhut Panjaitan , Susi Pudjiastuti, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Ayu Ting Ting, Luna Maya, Syahrini, Berita IndonesiaAnak, Bayi, IHSGResep MasakanReview MakananKemenkeuSri MulyaniKemenhubKominfoCPNSPertaminaDolar ASTiket PesawatOJKPNSRupiahIbu HamilASIMPASISusu FormulaLiga SpanyolMahfud MDKivlan ZenWuling

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here