Pelatih Malaysia Mengaku Buta Kekuatan Timnas Indonesia

0
22
Timnas Indonesia terlengkap di https://kumparan.com/
Timnas Indonesia terlengkap di https://kumparan.com/

Pelatih Timnas Indonesia menutup rapat hal terkait teknis timnya jelang melawan Malaysia. Strategi itu terbilang cukup sukses jika mengacu pada pernyataan pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe.

Timnas Indonesia akan menjamu Malaysia pada pertandingan pertama Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Laga ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Seperti dilansir dari Harian Metro, Tan Cheng Hoe mengakui ia minim informasi perihal Timnas Indonesia di bawah pelatih Simon McMenemy. Bisa dibilang, Malaysia buta tentang kekuatan Indonesia.

“Kami sulit mendapatkan informasi perihal Indonesia, tapi kami akan lebih fokus pada diri sendiri. Formasi seperti apa yang akan kami pakai, pemain yang bakal kami turunkan. Apa pun itu, tampaknya Timnas Indonesia juga banyak melakukan perubahan komposisi pemain,” ujar Tan Cheng Hoe di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Simon McMenemy memang membatasi akses media serta suporter untuk mengamati aktivitas tim asuhannya khususnya selama menggelar pemusatan latihan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, atau sebelum geser ke Jakarta pada akhir pekan lalu.

Pelatih asal Skotlandia itu hanya memberikan waktu beberapa menit saja, sebelum akhirnya seluruh pihak yang tak berkepentingan dipersilakan meninggalkan area lapangan, terutama saat sesi latihan sudah masuk menu taktik.

McMenemny menyatakan menerapkan kebijakan itu untuk melindungi pemainnya, agar tak malu seandainya melakukan kesalahan dan rekaman aktivitas mereka beredar ke publik.

Saat Timnas Indonesia melakoni dua partai uji coba dalam pemusatan latihan lalu, masing-masing melawan Persika Karawang (25/8/2019) dan Bhayangkara FC (28/8/2019), secara tertutup.

Selain itu, mantan pelatih Timnas Filipina itu juga enggan menjawab pertanyaan kalangan jurnalis, jika sudah masuk ke area teknis. Ia menegaskan, tak ingin hal sekecil apa pun yang berhubungan dengan taktik, teknis Timnas Indonesia, muncul di media, terendus tim lawan, hingga justru menguntungkan pesaing.

Hal itu berbeda dengan kebijakan yang diambil Tan Cheng Hoe. Di bawah asuhannya, Timnas Malaysia menjalani uji coba melawan Yordania di Stadion Nasional, Bukit Jalil (30/8/2019), secara terbuka.

Pertandingan itu ditonton ribuan pendukung Harimau Malaya, dan bahkan Simon McMenemy menggunakan kesempatan itu untuk mencermati kekuatan dan kelemahan Timnas Malaysia, langsung dari Bukit Jalil.

“Setiap pelatih punya filosofi melatih sendiri, mungkin dia (McMenemy) merasa lebih nyaman menggelar latihan dan uji coba secara tertutup. Mungkin juga karena dia tak ingin memberi tekanan kepada pemain, selebihnya, saya tak tahu alasan pastinya,” ucap Cheng Hoe.

Berita TerkiniJokowiPolriPolda Metro JayaTNIKebakaranKecelakaan Lalu LintasPembunuhanPemerkosaanPerampokanPenganiayaanBegalPelecehan SeksualKekerasan AnakGempaGanjil GenapAnies BaswedanJakartaTolPilkada Serentak 2020Ridwan KamilEdy RahmayadiGanjar PranowoKhofifah Indar ParawansaGempa BumiWisataPilkadaPilwakotPilkada 2020Pilpres 2024Kabinet Jokowi Jilid IIMunas GolkarAmandemen UUD 1945Pemilu AS 2020BrexitKPKOTT KPKAntam NovambarSetya NovantoCPNSPertaminaDolar ASRupiahLowongan KerjaHarga EmasSusi PudjiastutiSEA Games 2019Liga InggrisLiga ItaliaLiga EuropaLiga ChampionsPSSICristiano RonaldoMohamed SalahLiga 1Timnas IndonesiaMotoGPValentino RossiMarc MarquezPersib Bandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here