Kompensasi Pertamina soal Kebocoran Minyak Baru 30 Persen

0
16
Pertamina terlengkap di www.kumparan.com
Pertamina terlengkap di www.kumparan.com

PT Pertamina (Persero) mengatakan pihaknya baru membayar kompensasi sebesar 30 persen untuk masyarakat yang terdampak tumpahan minyak di Lapangan YY Blok Offshore North West Java (ONWJ) Karawang, Jawa Barat.

Ketua tim penanganan insiden kebocoran minyak Pertamina, Taufik Adityawarman, mengatakan 30 persen tersebut didapat dari data korban terdampak yang mencapai 14.000.

“Laporan di lapangan 30 persen dari yang terverifikasi,” kata Taufik di kantor pusat, Pertamina, Jakarta Kemarin.

Taufik menjelaskan saat ini kendala pembayaran kompensasi yakni karena kurangnya jumlah penyalur dalam hal ini sumber daya himpunan bank milik negara (Himbara).

Saat ini kapasitas tiga bank milik negara yang ditunjuk sebagai penyalur kompensasi yakni Bank Mandiri, BRI dan BNI masih belum bisa menjangkau beberapa wilayah terdampak.

Pertamina pun meminta penyalur untuk menambah kapasitas resources-nya sehingga bisa menjangkau seluruh titik terdampak.

Taufik mengatakan, jika resources-nya bertambah maka diyakini implementasi pembayaran akan makin cepat.

Sebelumnya hingga 19 September, Pertamina membayarkan uang kompensasi sebesar Rp4,32 miliar kepada warga terdampak tumpahan minyak di Karawang.

Ketua Tim Penanganan Dampak Eksternal Pertamina Hulu Energi ONWJ Rifky Efendy menyebutkan sebanyak 2.401 warga telah mendapatkan kompensasi awal dari total 10.471 warga terdampak.

Dana kompensasi itu diberikan dalam bentuk buku tabungan dan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Ia menjelaskan kompensasi yang diterima setiap warga sebesar Rp1,8 juta dalam dua bulan, jadi sebulan warga akan mendapatkan Rp 900 ribu.

Pembayaran kompensasi awal ini diberikan terlebih dahulu untuk warga terdampak langsung, nelayan, pembudidaya, petambak garam, kelompok pengolah dan pemasar ikan serta wisata bahari.

Pembayaran kompensasi juga dilanjutkan bagi korban terdampak di Kabupaten Bekasi dan Kepulauan Seribu. Jumlah kompensasi yang diberikan akan setara dengan warga terdampak di Karawang.

Pembayaran kompensasi final pun ditargetkan bisa diterima warga pada periode November-Desember.

Berita TerkiniJokowiPolriPolda Metro JayaTNIKebakaranKecelakaan Lalu LintasPembunuhanPemerkosaanPerampokanPenganiayaanBegalPelecehan SeksualKekerasan AnakGempaGanjil GenapAnies BaswedanJakartaTolPilkada Serentak 2020Ridwan KamilEdy RahmayadiGanjar PranowoKhofifah Indar ParawansaGempa BumiWisataPilkadaPilwakotPilkada 2020Pilpres 2024Kabinet Jokowi Jilid IIMunas GolkarAmandemen UUD 1945Pemilu AS 2020BrexitKPKOTT KPKAntam NovambarSetya NovantoCPNSPertaminaDolar ASRupiahLowongan KerjaHarga EmasSusi PudjiastutiSEA Games 2019Liga InggrisLiga ItaliaLiga EuropaLiga ChampionsPSSICristiano RonaldoMohamed SalahLiga 1Timnas IndonesiaMotoGPValentino RossiMarc MarquezPersib BandungCollection

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here